Selasa, 04 Desember 2012

Keamanan Terhadap Akun Jejaring Sosial


Di era perkembangan teknologi informasi sekarang, ada banyak sekali terjadi aktifitas penipuan yang berkembang diberbagai situs / website jejaring sosial seperti facebook, twitter, friendster, dll. Trend ini menimbulkan banyak niat buruk dari berbagai pihak yang pandai untuk memanfaatkan trend keadaan yang sedang terjadi. Banyak pihak-pihak tertentu yang ingin mendapatkan beberapa bentuk akses terhadap informasi pribadi seseorang, mungkin dengan alasan tertentu atau yang lainnya.
Ambil sebuah contoh: Jika seseorang akan mendapatkan akses ke account twitter anda, itu mungkin sangat mudah untuk mengubah password, alamat email. Pada umumnya, memiliki kontrol atas setiap kegiatan yang telah anda lakukan didalamnya merupakan hal penting untuk belajar bagaimana orang-orang ini mengendalikan tingkat keamanan tertentu, tetapi lebih dari itu, penting untuk belajar tentang cara bagaimana untuk mencegah hal tersebut terjadi. Karena hal ini mungkin dilatari dengan niat kejahatan. Dalam pembahasan ini akan kita fokuskan pada login account twitter.
1. Ada beberapa aplikasi yang telah diizinkan untuk mengakses account seseorang. Aplikasi ini belum tentu yang baik. Fakta bahwa itu diperbolehkan bahkan tidak berarti bahwa pemegang kebijakan diberi mandat untuk menjaga pihak ketiga. Oleh karena itu perlu untuk memahami kebutuhan bahwa aplikasi tambahan dalam account anda. Setelah seseorang telah melakukan login twitter, dia harus malukukan pengaturan akun. Di sini kita dapat melihat keberadaan semua aplikasi tambahan yang telah disertakan dalam account. Jika aplikasi tidak dapat berfungsi, pengguna wajib untuk memblokir sesegera mungkin.
2. Kemungkinan lain adalah halaman login twitter yang sama persis dengan yang asli, dengan nama URL yang berbeda. Setelah seseorang melakukan login dengan memasukkan username dan password pada halaman ini, informasi yang digunakan dapat disalin dan diakses oleh pihak lain. Maka dari itu sangat penting memeriksa nama URL website sebenarnya sebelum melakukan loggin account anda. Metode ini biasa di istilahkan dengan metode pembuataan website phishing.
3. Dengan adanya aplikasi tambahan yang ada di account yang seseorang, penting kiranya untuk memerhatikan dan menghindari setiap aplikasi lain yang selalu meminta relogin account. Sebagian besar aplikasi yang menggunakan twitter menggunakan teknologi OAuth. Teknologi ini tidak selalu memerlukan penggunaan password seseorang.
4. Ada pengguna yang mengirim pesan ke anda, bahkan anda tidak mengenal siap dia atau mereka bahkan tidak menjadi teman. Kita harus sangat berhati-hati terhadap pengguna tersebut. Kita harus bertanya pada diri sendiri bagaimana mereka bisa mengirim pesan langsung bahkan tanpa melakukan permintaan pertemanan. Mereka harus dikaitkan dengan kelompok hacking atau sejenisnya.
5. Akhirnya, orang harus menggunakan account yang telah diberikan kepadanya dalam modus pribadi. Dengan kata lain, seseorang tidak harus mengizinkan sembarang orang untuk mendapatkan akses ke update tanpa izinnya. Atau kata lain, lakukanlah settinglah privacy account anda dengan sebaik mungkin, demi meminimalkan terjadinya cyber crime terhadap account atau data pribadi anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar